3.0 RUBRIK
3.1 DEFINISI
Rubrik merupakan panduan penilaian yang menggambarkan kriteria yang diinginkan oleh guru dalam menilai atau mempertingkatkan hasil pekerjaan pelajar. Rubrik perlu memuat daftar karakteristik yang diinginkan yang perlu ditunjukkan dalam suatu pekerjaan siswa disertai dengan panduan untuk mengevalusi masing-masing karakteristik tersebut.
3.2 MANFAAT PENGGUNAAN RUBRIK
Rubrik bertujuan untuk menjelaskan deskripsi tugas. Rubric juga memberikan informasi bobot penilaian. Pelajar memperoleh umpan balik yang cepat dan akurat. Dengan penggunaan rubric, penilaian akan lebih objektif dan konsisten.
3.3 RUBRIK PERSEPSIONAL
3.3.1 Skala Rubrik Persepsional
NO | PERNYATAAN | SKALA PENILAIAN | |||
Sangat tidak setuju (1) | Tidak setuju (2) | Setuju (3) | Sangat setuju (4) | ||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
3.4 RUBLIK DESKRIFTIF
3.4.1 Bentuk Umum Rubrik Deskriftif
NO | DIMENSI PERNYATAAN | TOLOK UKUR DIMENSI | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
| | | | | |
| | | | | |
3.4.1 Contoh Dimensi Penilaian
1) Karakter peribadi dalam berbagai situasi kondisi(kendali diri, kesabaran, ekspresi perasaan, rasionalitas)
2) Etos kerja(semangat, target kerja, disiplin, ketangguhan)
3) Integritas diri(kejujuran, keteguhan pada prinsip, konsisten, tanggungjawab dan keteladanan0
4) Keerbukaan terhadap kritik, saran, dan pendapat orang lain.
5) Kermampuan kerjasama, kemampuan komunuikasi.
6) Kreativiti dan inivasi.
No comments:
Post a Comment